20141107

Love Bird

Love BirdLove Bird - Membuat milet racikan untuk burung pemakan biji-bijian Milet adalah pakan yang sangat digemari burung pemakan biji-bijian seperti kenari, finch, parkit, dan lovebird. Pakan ini memiliki kandungan nutrisi tinggi untuk burung peliharaan. Milet bisa diberikan dalam berbagai cara penyajian, termasuk dicampur dengan bahan pakan lain agar bisa meresap ke dalam bijinya sebelum dikonsumsi burung. Milet racikan bernutrisi tinggi ini bisa membuat burung lebih sehat, lebih aktif, dan lebih rajin berbunyi.


Pakan milet racikan sebenarnya sudah lama dikenal kalangan penggemar burung di mancanegara, dan sering digunakan untuk menjaga kondisi burung-burung yang sedang ditangkarkan.

Berikut ini cara membuat milet racikan untuk burung pemakan biji-bijian yang kaya protein dan nutrisi lainnya.
Bahan yang digunakan yaitu:
• Milet, takaran tergantung kebutuhan.
• Beberapa butir telur ayam.
• Beberapa buah tulang sotong.
Cara membuat milet racikan


Sebelum digunakan, milet sebaiknya dikeringkan dulu agar kulit kerasnya bisa menyerap bahan-bahan pakan lainnya dan masuk ke dalam bijian. Pengeringan bisa dilakukan dengan dijemur di bawah terik matahari selama beberapa jam, atau menggunakan oven listrik dengan suhu sekitar 150 derajat C dan dipanggang selama 3 – 5 menit.
Setelah kulitnya kering, milet mudah menyerap bahan-bahan pakan yang dicampurkan bersamanya. Karena itu, setelah dikeringkan, milet disimpan dalam mangkuk atau piring, sambil menunggu proses pengolahan bahan pakan lainnya.
Sekarang kita cuci telur dengan air bersih. Selanjutnya, pecahkan dan kumpulkan isinya dalam satu wadah atau mangkuk. Aduk hingga semua bagian telur bercampur secara merata.

Kulit telur / kerabang / cangkang tidak perlu dibuang, tetapi dikumpulkan dan dikeringkan dengan cara dipanggang dalam oven selama beberapa menit.
Setelah kering, cangkang telur diblender hingga menjadi tepung.
Siapkan tulang sotong, lalu ambil bagian tengah berwarna putih, kemudian diblender hingga menjadi tepung. Adapun kulit tulang sotong yang keras dibuang saja.
Campurkan semua bahan (bubuk cangkang telur dan bubuk tulang sotong) ke dalam adonan telur yang sebelumnya sudah disiapkan, lalu aduk hingga semua bahan tercampur merata. Semua adonan di campur ke dalam milet, dan aduk hingga semua bahan tercampur merata. Keringkan milet dengan cara diangin-anginkan, sampai semua bahan menyerap ke dalam seluruh biji milet.
Setelah kering, milet racikan yang berprotein tinggi dan memiliki citarasa lezat ini bisa diberikan kepada burung piaraan Anda.
Mudah bukan? Pakan milet racikan ini juga sangat baik diberikan pada saat musim hujan, serta dapat membantu burung yang sedang mengalami masa pergantian bulu atau mabung.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►