20140504

Tips Menjaga Metabolisme Tubuh


Metabolisme tubuh sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Metabolisme tidak hanya dikontrol oleh apa yang Anda konsumsi atau seberapa sering Anda berolahraga. Kebiasaan sehari-hari, yang tak berkaitan dengan berat badan sekali pun, bisa berpengaruh terhadap metabolisme.

Jika metabolisme tubuh anda terganggu proses perubahan makanan menjadi energi juga akan terganggu dan kemungkinan besar akan menyebabkan Anda bertambah berat badan/gemuk. Jika tidak ingin metabolisme tubuh Anda terganggu, sebaiknya anda hindari beberapa kebiasaan berikut ini :

1. Jarang makan makanan pedas
Terlalu banyak makan makanan pedas memang tak baik untuk kesehatan pencernaan. Namun penelitian juga mengungkap manfaat makan makanan pedas. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jarang makan makanan pedas bisa menurunkan tingkat metabolisme tubuh. Selain itu, orang yang makan makanan pedas merasa lebih cepat kenyang dan makan 30 persen lebih sedikit. Selain itu, makanan pedas mengandung capsaicin yang bisa meningkatkan metabolisme.

2. Terlalu banyak duduk
Bukan rahasia lagi bahwa terlalu banyak duduk bisa merusak kesehatan. Namun tak hanya itu, banyak duduk juga bisa merusak metabolisme. Duduk sebanyak tiga jam atau lebih setiap hari mengalami peningkatan risiko sindrom metabolisme hingga 74 persen. Sindrom ini nantinya juga bisa meningkatkan risiko penyakit lain seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Hal ini karena otot tak dibiasakan bekerja keras sehingga membuat tubuh menumpuk lebih banyak lemak.

3. Tidak mencuci makanan
Beberapa makanan yang dimakan dalam keadaan segar seharusnya dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan. Hal ini karena ada banyaknya polutan seperti pestisida dan lainnya yang bisa menyebabkan sindrom metabolisme. Penelitian menemukan bahwa polutan yang terdapat pada makanan tersebut dan masuk ke tubuh akan menyebabkan peradangan pada jaringan lemak dan mengganggu metabolisme. Untuk itu, sangat penting mencuci makanan seperti buah dan sayur sebelum dimakan atau diolah.

4. Tidak mencuci tangan
Mencuci tangan adalah cara termudah dan paling efektif untuk menghindari kuman dan virus. Melewatkan cuci tangan akan membuat orang lebih rentan terkena virus yang bisa mengganggu kesehatan, termasuk metabolisme. Salah satu virus berbahaya yang mengancam manusia adalah adenovirus-36 yang bisa menyebabkan metabolisme terganggu dan membuat Anda cepat gemuk. Jadi, jangan lupa untuk rutin mencuci tangan.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa mengganggu metabolisme tubuh. Jangan lakukan kebiasaan-kebiasaan di atas untuk menjaga metabolisme tetap lancar dan tak terganggu.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►